Selasa, 08 Januari 2013


PSIKOLOGI KOGNITIF
Psikologi Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima ,mempersepsi,mempelajari,menalar,mengingat dan berpikir tentang sesuatu informasi.
Definisi kognitif adalah suatu kegiatan pikiran dimana seseorang sadar akan objek suatu pemikiran atau persepsi.
Gagne adalah salah satu tokoh teori belajar kognitif. Gagne menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan disposisi atau kecakapan manusia yang berlangsung  selama periode waktu tertentu dan perubahan perilaku itu tidak berasal dari proses pertumbuhan.
Salso (1995) menyatakan bahwa psikologi kognitif adalah studi ilmiah tentang proses berpikir yang meliputi cara memperoleh informasi,cara menyimpan informasi tersebut di dalam otak, dan cara menggunakan simpanan informasi tersebut (istilah lainnya adalah pengetahuan) untuk memecahkan masalah, berpikir atau berbahasa.
Morgan,  dkk…(1986) menyatakan bahwa kognisi sebagai pemroses informasi tentang lingkungan yang dipersepsikan melalui pancaindera.
Santrock (1986),kognisi mengacu kepada aktivitas mental tentang bagaimana informasi masuk ke dalam pikiran, disimpan, dan ditransformasi, serta dipanggil kembali dan digunakan dalam aktivitas kompleks seperti berpikir.
Sujiono, dkk(2004) memberikan batasan tentang kognitif:
-         Menurut Terman bahwa kognitif adalah kemampuan untuk berpikir secara abstrak.
-         Menurut Colvin bahwa kognitif adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.
-         Menurut Hunt bahwa kognitif adalah teknik untuk memproses informasi yang disediakan oleh indra.

Soemanto (1984:120:121) menyatakan bahwa tingkah laku kognitif merupakan tindakan mengenai untuk memikirkan situasi di mana tingkah laku terjadi. Tingkah laku tergantung pada insight (pengamatan atau pemahaman) terhadap hubungan yang ada dalam situasi. Dalam kognisi terjadi proses berpikir dari proses mengamati yang menghasilkan, memperoleh, menyimpan, dan memproduksi pengetahuan ( Monks dan Knoers 1998:216)



BEHAVIORISME
Behaviorisme atau aliran perilaku (juga di sebut Perspektif Belajar) adalah filosofi dalam psikologi yang berdasarkan pada proposisi bahwa semua yang dilakukan organisme – termasuk tindakan, pikiran, atau perasaan – dapat dan harus dianggap sebagai perilaku aliran ini berpendapat bahwa perilaku demikian dapat digunakan secara ilmiah tanpa melihat peristiwa fisiologis internal atau konstrak hipotetis seperti pikiran.
Behaviorisme beranggapan bahwa semua teori harus memiliki dasar yang bias diamati tapi tidak ada perbedaan antara proses yang dapat diamati secara public.
Tokoh-tokoh diantaranya :
-         Ivan Pavlov,
-         Edward Lee Thorndike
-         Jhon B.Watson,dan
-         B.F.Skinner.




PSIKOANALISIS
Psikoanalisis adalah cabang ilmu yang dikembangkan oleh Sigmund Freud dan para pengikutnya, sebagai studi fungsi dan perilaku psikologis manusia. Sigmund Freud sendiri dilahirkan di Moravia pada tanggal 6 mei1856 dan meninggal di London pada tanggal 23 september 1939.[1] pada mulanya istilah psikoanalisis hanya digunakan dalam hubungan dengan Freud saja, sehingga “ psikoanalisis” dan “psikoanalisis” sama artinya. Bila beberapa pengikut Freud dikemudian hari menyimpang  dari ajarannya dan menempuh jalan sendiri, mereka juga meninggalkan istilah psikoanalisis dan memilih suatu nama baru untuk menunjukkan ajaran mereka.
Contoh yang terkenal adalah Carl Gustav Jung dan Alfred Adler yang menciptakan nama “ psikoanalisis analitis” (en: Analitycal psychology) bagi ajaran masing-masing.
Psikoanalisis memiliki tiga penerapan :
1.     Suatu metode penelitian dari pikiran
2.     Suatu ilmu yang mengetahui sistematis mengetahui perilaku manusia dan,
3.     Suatu metode perlakuan terhadap penyakit psikoanalisis atau emosional.
Dalam cakupan yang luas dari psikoanalisis adasetidaknya 20 orientasi teoretis yang mendasari teori yang juga beragam. Psikoanalisis Freudian baik teori maupun terapi berdasarkan ide-ide Freud telah menjadi basis bagi terapi-terapi moderen dan menjadi salah satu aliran terbesar dalam psikoanalisis.. sebagai tambahan, istilah psikoanalisis juga merujuk pada metode penelitian terhadap perkembangan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar